Rabu, 06 Februari 2013

PENGETAHUAN YANG POSITIF DAN PRODUKTIF

-->

Pengetahuan adalah syarat mutlak yang di perlukan oleh setiap orang yang ingin menjadi pemenang sejati.

    Siapa pun Anda yang ingin menjadi seorang pemenang dalam hidup ini, harus memiliki pengetahuan. M ungkin Anda pernah mendegar kalimat bijak yang mengatakan bahwa “know lagde is Power.”

Pengetahuan adalah sebuah kekuatan potensial yang dapat di rencanakan dengan pasti dan kemudian diaktualisasikan dan diarahkan agar menuju sasaran/tujuan yang pasti pula.
Misalkan pengetahuan tetang olah raga bulu tangkis. Setelah direncanakan dengan pasti, misalnya ingin menjadi juara buku tangkis, kita aktualisasikan lewat aksi untuk menjadi juara bulu tangkis-dengan latihan yang keras, lebih giat mengikuti turnamen.
      Pengetahuan dapt di bagi menjadi dua bagian, yaitu pengetahuan umum dan khusus.
Pengetahuan umum berkaitan dengan hal-hal yang bersifat umum dan semua orang relatif mampu untuk menguasainya, sedangkan pengetahuan khusus adalah pengetahuan yang bekaitan dengan kertampilan khusus yang tiap-tiap orang berbeda dalam bakat/talenta dan kemapuannya.
Pengetahuanumum bisanya di peroleh di pendidikan formal, sedangkan pengetahuan khusus biasanya di dapatkan sesuai dengan bakat, misalnya melukis,bernyanyi dll.


                Biasanya kita berpendapan orang yang memiliki pengetahuan adalah orang yang berpendidikan tinggi, padahal seseorang yang berpendidikan tidak harus orang yang memiliki pengetahuan umum atau pengetahuan khusus yang berlimpah-limpah.
                 Seseorang yang berpendidikan adlah orang yang mampu mengembangkan dan mengelolah pikirannya dengan bijak, sehingga bisa memperoleh apa saja yang dia inginkan. Atau dengan kata lain, orang yang berpendidikan adlah orang yang telah berhasil mendayagunakan segala potensi dirinya dan akhirnya bisa mendapatkan manfaat dan /produktifitas dari pengetahuan yang dimilikinya itu.
                   Pendidikan tidak selalu berhubungan dengan pendidikan formal, namun berhubungan dengan kualitas mental diri Anda  sendiri, seperti mampu mengunakan potensi diri yang Anda miliki.


            CARA MENDAPATKAN PENGETAHUAN
            Tentukan dahulu pengetahuan dan tujuan yang Anda perlukan. Setelah itu tetapkan tujuan hidup Anda serta sasaran yang ingin Anda kejar. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pengetahuan yang Anda perlukan. Setelah itu langkah berikutnya adalah mencari informasi akurat mengenai sumber pengetahuan yang dapat Anda andalkan. Dan yang paling penting Anda bisa mendapatkan melalui :


      1.  Belajar Penglaman diri sendiri
     Belajarlah dari Sekolah Kehidupan (school of lfe). Pengalaman dari diri Anda sendiri merupan sebuah pengetahuan dan pelajaran yang sangat luar biasa.
     Mungkin suatu saat Anda mengalami kekagalan. Dripada stres berkepanjagan, lebih baik
Anda renungkan pelaran apa yang bisa Anda petik dari kegagalan dan kesalahan tersebut.
Ingatlah bahwa kegaglan/keslahan hanyalah suatu proses yang Anda alami untuk menjadi lebih baik.


                Orang bijak selalu berkata

“Pengalaman merupakan guru yang terbaik”

“Kegagalan adalah ibu kandung dari kesuksesan”              


2.      Blajar dari Pengalaman Orang Lain
           Belajar dari pengalaman orang yang telah sukses maupun yang gagal.
Kita dituntut untuk dapat belajar pengalamn dari orang yang telah sukses, misalnya dengan membaca biografi orang-orang sukses. Namun Anda juga harus belajar dari orang-orang yang gagal, agar Anda tidak mengulang keagaglan yang dilakukan oleh mereka.  Martin Vanbee pernah mengatakan, “ Belajarlah dari kesalahan dari orang lain, karena Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan kesalahan itu sendiri.”

3.       Belajar dairi buku,audio book, internet                                       
             Belajar dari membaca koran/tabloid, membaca majalah, membaca buku (buku-buku 
  motivasi sukses). Anda bisa pergi ke perpustakaan untuk menambah pengetahuan Anda atau bisa juga ke toko buku.

4.    Belajar dari seminar kursus
       Mungkin seminar-seminar motivasi dan kursus-kursus yang dapat menambah pengetahuan Anda.

  Belajar sesuai dengan petunjuk Tuhan
     Selalulah belajar untuk meningkatkan iman takwa Anda kepada Tuhan, selalulah dengarkan
perintah danmenjahui larangan-Nya. Ini akan memperkaya kehidupan spritual dan akan berdampak positif baagi kesehatan jiwa Anda, serta akan mengantarkan Anda menuju kesusesan.
      Setelah Anda mndapatkan pengetahuan, ini semuanya harus Anda dayagunkan/optimalkan untuk mencapai tujuan Anda


        Pada dasarnya semua pengetahuan berharga.
Namun akan sangat lebih berharga jika penerapannya menghasilkan sesuatu yang berharga, apalagi bisa bermanfaat untuk orang banyak (produktifitas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar