Minggu, 24 Maret 2013

PEMBAWAAN



                PENGERTIAN DAN FUNSI PEMBAWAAN
  Istilah lain dari pembawaan ialah potensi-potensi yang dibawa setiap individu ketika lahir yang merupakan warisan kedua orang tuanya.
                Unsur-unsur pembawaan (potensi) tersebut dapat berupa cirri-ciri atau sifat-sifat fisik dan mental psikologi serta kesanggupan/kemanpuan potensi-potensi lainnya yang tidak dapat dimasukan kedalam ciri-ciri/sifat-sifat atau kemampuan-kemampua tersabut seperti potensi beragama,sosial, moral, fantasi, pengamatan, dan sebagainya. Semua potensi-potensi bawaan tersebut akan diwujudkan menjadi sifat-sifat atau kesanggupan nyata yang melalui proses pertumbuhan atau perkembangan.
                Unsur-unsur pembawaan yang berupa potensi-potensi fisik dan mental psikologi itu dalam proses perkembagan akan berfunsi sebagai factor dasar atau  faktor bahan yang akan mempengaruhi proses perkembamgan. Dalam setiap proses perkembangan itu diperlukan bahan dasar sebab tanpa adanya bahan dasar itu maka pertumbuhan fisik atau perkembangan mental psikologi anak tidak akan tejadi.
                PENGERTIAN DAN FUNSI LINGKUNGAN
                Lingkungan (Environment) sering di artikan orang secara sempit dengan milien atau alam sekitar. Dalam psikologi, lingkungan diartikan dalam pengertian yang luas mencakup lingkungan yang ada di dalam dan di luar individu.
Lingkungan juga dapat di artikandengan segala sesuatau yang ada di dalam dan di luar diri individu yang bersifat mempengaruhi sikap tingkah laku atau perkembangannya. Dan lingkungan dalam dan lingkungan luar diri indiviu.
                Lingkungan sosial dapat berupa orang seorang atau  pribadi seseorang, sekumpulan, orang seperti keluarga, masyarakat, teman-teman sekelas, organisasi, dan termasuk juga dalam lingkungan ini adalah karya manusia seperti benda-benda dan lain-lain. Pendidikan dan agama, semuanya akan mempengaruhi tingkah laku dan perkembagan manusia.
                Dalam proses perkembagan manusia, lingkungan ini merupakan faktor yang penting setelah faktor pembawaan. Tanpa adanya dukungan dari faktor lingkungan maka proses perkembangan dalam mewujudkan potensi pembawaan kemampuan nyata tidak akan terjadi. Oleh karena itu fungsi atau peranan lingkungan ini dalam proses perkembangan dapat dikatakan sebagai faktor ajar. Yaitu faktor yang akan mempengaruhi perwujudan suatu potensi secara baik atau tidak baik sebab pengaruh lingkungan dalam hal ini dapat bersifat positif yang berarti pengaruhnya baik dan sangat menujang perkembangan suatu potensi atau bersifat negatif yaitu pengaruh lingkungan itu tidak baik dan akan menghambat /merusak perkembangan.
 Oleh karana itu sudah menjadi tugas utama seorang pendidik (orang tua atau guru) untuk menciptakan atau menyediakan lingkungan yang positif agar dapat menujang perkembangan si anak dan berusaha untuk mengawasi dan amenghindari pengaruh faktor lingkungan yang negatif yang dapat menghambat dan merusak perkembangan sang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar