PENGERTIAN DAN FUNSI PEMBAWAAN
Istilah
lain dari pembawaan ialah potensi-potensi yang dibawa setiap individu ketika
lahir yang merupakan warisan kedua orang tuanya.
Unsur-unsur
pembawaan (potensi) tersebut dapat berupa cirri-ciri atau sifat-sifat fisik dan
mental psikologi serta kesanggupan/kemanpuan potensi-potensi lainnya yang tidak
dapat dimasukan kedalam ciri-ciri/sifat-sifat atau kemampuan-kemampua tersabut
seperti potensi beragama,sosial, moral, fantasi, pengamatan, dan sebagainya.
Semua potensi-potensi bawaan tersebut akan diwujudkan menjadi sifat-sifat atau
kesanggupan nyata yang melalui proses pertumbuhan atau perkembangan.
Unsur-unsur
pembawaan yang berupa potensi-potensi fisik dan mental psikologi itu dalam
proses perkembagan akan berfunsi sebagai factor dasar atau faktor bahan yang akan mempengaruhi proses
perkembamgan. Dalam setiap proses perkembangan itu diperlukan bahan dasar sebab
tanpa adanya bahan dasar itu maka pertumbuhan fisik atau perkembangan mental
psikologi anak tidak akan tejadi.
PENGERTIAN
DAN FUNSI LINGKUNGAN
Lingkungan
(Environment) sering di artikan orang secara sempit dengan milien atau
alam sekitar. Dalam psikologi, lingkungan diartikan dalam pengertian yang luas
mencakup lingkungan yang ada di dalam dan di luar individu.
Lingkungan juga dapat di artikandengan segala sesuatau yang
ada di dalam dan di luar diri individu yang bersifat mempengaruhi sikap tingkah
laku atau perkembangannya. Dan lingkungan dalam dan lingkungan luar diri
indiviu.
Lingkungan
sosial dapat berupa orang seorang atau
pribadi seseorang, sekumpulan, orang seperti keluarga, masyarakat,
teman-teman sekelas, organisasi, dan termasuk juga dalam lingkungan ini adalah
karya manusia seperti benda-benda dan lain-lain. Pendidikan dan agama, semuanya
akan mempengaruhi tingkah laku dan perkembagan manusia.
Dalam
proses perkembagan manusia, lingkungan ini merupakan faktor yang penting
setelah faktor pembawaan. Tanpa adanya dukungan dari faktor lingkungan maka
proses perkembangan dalam mewujudkan potensi pembawaan kemampuan nyata tidak
akan terjadi. Oleh karena itu fungsi atau peranan lingkungan ini dalam proses
perkembangan dapat dikatakan sebagai faktor ajar. Yaitu faktor yang akan
mempengaruhi perwujudan suatu potensi secara baik atau tidak baik sebab
pengaruh lingkungan dalam hal ini dapat bersifat positif yang berarti
pengaruhnya baik dan sangat menujang perkembangan suatu potensi atau bersifat
negatif yaitu pengaruh lingkungan itu tidak baik dan akan menghambat /merusak
perkembangan.
Oleh karana itu sudah menjadi
tugas utama seorang pendidik (orang tua atau guru) untuk menciptakan atau
menyediakan lingkungan yang positif agar dapat menujang perkembangan si anak dan
berusaha untuk mengawasi dan amenghindari pengaruh faktor lingkungan yang
negatif yang dapat menghambat dan merusak perkembangan sang anak.