Senin, 04 Februari 2013

Pendidikan Wahana Strategis Membangun SDM Berkualitas


           
             Peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan saat ini telah menjadi agenda yang sangat penting pada seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi harapan Undang-undang, namun juga terkait erat pada penjaminan posisi bangsa dalam persaingan dengan bangsa-bangsa lain lain di masa depan. Salah satu penentunya adalah terjaminnya pendidikan yang lebih bermutu.
          Pendidikan merupakan wahana strategis untuk membangun sumber daya manusaia berkualitas. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terencana,terarah,intensif,efetif, dan efisien dalam proses pembagunan. Klau tidak ingin bangsa ini kalah bersaing dalam menjalani era globalisasi, Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintregrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri.
            Dalam pembukaan UUD 1945 di-nyatakan bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa merupankan amanat yang harus di emban dan dijalankan oleh pemerintah dengan sunguh-sunguh dan di jabarkan pada pasal 31 hasil amandemen UUD  1945.A rtinya, hak untuk mendapatatkan pendidikan bermutu ( bukan hanya sekedar pendidikan ) adalah hak setiap warga negara Indonesia.
Berdasarkan hal tersebut , maka pemerintah memilki kewjiban untuk menyelengarakan dan menjamin terlaksananya pendidikan bermutu di negara ini sebagai lembaga yang memiliki kendali dan kebijakan dalam mengembangakan pendidikan bermutu yang secara oprasional dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan pemerintah ( Negri ) dan ( Swasta ).
Dengan kata lain pemerintah harus mengembangkan berbagai kebijakan, pelaksaan pelayanan pendidikan maupaun jaminan terselengaranya pendidikan bermutu pada setiap jalur pendidikan formal dan non formal bagi setiap warganya.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar