Minggu, 17 Maret 2013

BERSIKAPLAH GAGAH NAMUN TETAP SOPAN

     Sewaktu berjalan langkah harus mantap dan pasti, jangan terngopoh-ngopoh, jangan terburu-buru tapi jangan pula lamban tak bertenaga. Berdiri harus tegak dan gagah. Busungkan dada, tegakkan kepala, bersemangat penuh gairah. Bandan tak boleh membungkuk lemah dan  lunglai tak bersemangat.

      Berinteraksi dengan orang lain haruslah dengan rasa hormat yang tinggi dan sungguh-sungguh, jauh dari basa-basi dan alasan-alasan, misalnya menyapa orang lain baik dengan cara membukukhormat (soja) maupun memangguk harus dengan sikap hormat yang ikhlas dan sungguh-sungguh dari hati kecil, bukan asal-asalan dan basa-basi.
     Dalam waktu menunggu dan suasana santai, bersikaplah tetep sopan dan santun. Jangan berdiri menghalagi lalu litas orang yang mau lewat. Cari tempat yang tepat sehingga orang tidak terganggu.
     Jagan bersikap arogan bersandar dengan mengangkat sebelah kaki, berpangku tangan, menyilang atau  menjulurkan kaki dengan angkuh, apalagi mengangkat dan mengoyang-goyang kaki acuh tak acuh.
                  BERSIKAPLAH LEMAH LEMBUT DAN PERNUH WASPADA
       
 
Dalam bertindak dan berkegiatan sehari-hari, lakukanlah dengan lembut dan penuh kehati-hatian, misalnya ketika memasuki ruangan buka dan tutuplah pintu,tirai, dengan perlahansehingga tidak menimbulkan suara gaduh, ketika meletakan gelas, piring, dan sendok lakukanlah dengan hati-hati sehingga tidak menimbulkan bunyi.
       Demikian pula ketika sedang berjalan dalam rumah, ketika berbelok misalnya lakukan dengan hati-hati agar tidah sampai menyeggol bagian yang tajam yang dapat melukai tubuh. Sewktu mengambil sesuatu yang kosong (tempatnya kosong misalnya) lakukan dengan sedemikian berhati-hatinya, seakan-akan mengambil sesuatu yang berisi (tempatnya berisi) jaga jangan sampai terjatuh dan terpecah.
       Hal yang sama bila ingin masuk kedalam suatu ruanganyang diperkirakan tidak berpenghuni, ketok pntu, berlakulah tetap hati-hati, pelan dan sopan seperti ada yang di temui.
Berkerjalah berdasarkan rencana, Mengerjakan sesuatu janganlah terburu-buru karena mudah menimbulkan kesalahan, jangan takut untuk  mengerjakan sesuatu yang agk susah, kaeran khawatir tidak bias selesai, kita menunuda tidak jadi mengerjakannya. Sebaliknya jangan terlalu ceroboh dan sembarangan saja menyelesaikan sesuatu. Berkerjalah dengan penuh perhitungan. Rencanakan apa yang di kerjakan, dan kerjakan sesuai yang sudah direncanakan.
     Hindari semua tempat-tempat maksiat dan perjudian yang seringkali menimbulkan keributan dan perkelahian. Kita harus mampu dengan tegas menolaknya.
      Semua itu bersifat kotor, porno dan berselera rendah. Janganlah mendegar apa lagi menonton semua keboboroakan, jangan pula karna ke ingintahuan yang berlebihan, kita lantas bertanya lebih mendalam. Jangan sampai akhlak kita yang masi murni polos, tercemar oleh kemaksiatan tersebut.
              
 
KEPERCAYAAN
    Amanah dan jaga lidah, dalam berucap, utamakan amanah, ketulusan dan kepercayaan pegang ucapan, jangan ingkar janji, memang tidak sanggup, jangan sembarang menebar janji, menebar bohong dan mengada-ada. Begitu jangan pula membesar-besarkan sesuatu dan memanipulsasi suatu keadaan yang sebenarnya tidak ada untuk mengambil keuntungan bagi diri sendiri. Hal ini akan memupuk dosa dan kesusahan. Kebiasaan ini tidak akan pernah ada gunanya, harus ditinggalkan. 

Daftar Pustaka : Di Zi Gui. 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar