Minggu, 17 Maret 2013

MAWAS DIRI



            
          
Menghargai Waktu
    Sebagai seorang anak, kita harus bisa menghargai dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kita harus bangun pagi, dan tidak tidur terlalu cepat. Tapi hal ini bukan berarti harus bergadang atau tidur larut malam. Kebiasaan ini bukan hanya tidak baik terhadap kesehatan, juga akan mempengaruhi kesehatan, juga akan mempengaruhi kekuatan fisik kita dalam beraktifitas di siang hari.  

      
Bumi tidak pernah berhenti berputar. Waktu tetap berjalan
Tanpa kenal henti. Masa muda harus dihargai.
Pepatah mengatakan :
“Kalau waktu muda tidak giat berusaha maka pada masa tua akan menyesal”.
   Biasakan hidup disiplin dan teratur. Bangun pagi segera mandi, cuci muka, berkumur-kumur agar kesegaran timbul, semangat tumbuh, dan itu adalah awal dari hari yang cerah. Sehabis buang air, baik buang air kecil maupun air besar, cuci kedua tangan dengan bersih dan baik. Kebersihan pangkal kesehatan.
                            Jaga Penampilan
    Penampilan harus diperhatikan degan sungguh-sungguh. Tata busana harus bersih, rapi serasi, Kerapian dan keanggunan harus di utamakan dalam berbusana. Busana mencerminkan citra pribadi kita. Tiba di rumah dari perjalanan, semua harus dikembalikan ke tempat yang telah disiapkan semula, agar sewaktu akan mengenakannya lagi tak perlu mencari kemana-mana. Barang besar dan berat tempatkan di bagian yang mudah di jangkau. Barang halus kecil tempatkan pada posisi yang mudah dicari. Membiasakan hidup teratur dan rapih sudah merupakan separuh dari kesuksesan perjalanan kita.
                Berlakulah hemat serta seimbang
   Dalam berpakaian, jangan pilih karena mahal, bermerek dan mewah. Pilihlah kaarena kerapihan dan kebersiahnya.Pertimbangkan pula kecocokannya dengan status diri dan kondisi tempat yang akan di kunjungi. Juga sangat penting pertimbangkan kemanpuan kondisi keuangan kita untuk membelinya.
  Kita harus bisa mengelolah keungan keluarga dengan seimbang (propesional). Jangan demi gengsi dan pamer diri, dipaksakan membeli pakaian yan berharga tinggi. Pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu adalah pemborosan.
Hemat pangkal kaya”
               
Dalam hal makan jangan terlalu memilih-milih. Apa yang ada, manfaatkan dan konsumsi sebaik-baiknya. Bisa terjadi suatu ketika nanti, disuatu tempat tertentu kita tidak memperoleh makanan yang kita kita mau, sehingga kita harus bias menerima apa adanya. Maka kebiasaan tidak memilih-milih apa yang akan dimakan ini akan sangat berguna.Makanlah secukupnya jagan berlebihan dan teratur pada waktunya. Bila ini dilakukan, kita akan terhaindar dari kegemukan, yang hanya menambah beratnya beban tubuh yang disanggah kaki dan akhirnya merusak kesehatan.Minuman keras dan berakohol harus dihindarkan sejauh-jauhnya, karena sangat merugikan kesehatan. Kita harus patuh pada hukum yang melarang minuman yang memabukan. Remaja muda dan anak-anak yang belum dewasa harus berpantang minuman keras. Orang yang sudah dewasa pun tetap jangan meminum minuman keras, apalagi berlebihan.Lihat orang yang mabuk. Dia berkelakuan sangat buruk, melantur dan berbuat tidak terpuji. Dalam keadaan mabuk, kebejatannya terkuak semua. Ini adalah sumber malapetaka. Yang tidak kalah berbahayanya adalah mengkonsumsi narkoba dan obat-obat terlarang lainnya, Katakan TIDAK NARKOBA semua itu akan menghilang harkat dan martabat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar